Selasa, 04 November 2014

tugas TIK "EMAIL"

EMAIL

Salah satu alat komunikasi saat ini untuk surat menyurat adalah Email. Dengan layanan email ini, urusan surat menyurat menjadi sangat mudah dan pengirimannya juga hitungan detik sampai ke alamat email yang dikirim.

Definisi Email

Email atau disebut elektronik mail, atau surat elektronis adalah surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer) dan dikirimkan melalui jaringan komputer. Internet sebagai jaringan yang menghubungkan berbagai jarngan komputer di dunia memungkinkan penyampaian surat elektrinis dengan cepat, Surat elektrinis ini bisa sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detik, meskipun jarak antara pengirim dan penerima berjauhan; terpisah beribu-ribu kilometer.

Pengiriman e-mail biasa dilakukan dengan menggunakan protokol SMTP yang kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol. Dalam hal ini, mail server atau server yang menangani email segera menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat.

Setiap pengirim atau penerima e-mail memiliki alamat email. Contoh alamat email adalah namamu@gmail.com. Untuk kata namamu itu unik alias tidak ada yang menyamakannya dengan pemakai lainnya asal dalam domain (gmail) yang sama.

Jenis-jenis Email

Menurut layanan / mekanisme yang diberikan email dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu POP mail, email berbasis web (webmail atau web based e-mail), dan email forwarding.

·         POP mail (Post Office Protocol) adalah e-mail yang diambil dari penyedia internet (ISP_. Em-mail ini dapat diambil dari ISP dan kemudian ditempatkan pada komputer klien. Dengan demikian, e-mail dapat dibaca tanpa harus terhubung ke internet. Namun, hal ini juga sekaligus menjadikan kelemahan jenis e-mail ini karena e-mail yang sudah diambil tidak bisa dibaca dari tempat lain. Untuk mengambil e-mail diperlukan program e-mail client, sepeti microshoft Outlook atau mozilla thunderbird.

·         Webmail adalah layanan e-mail yang ditujukan secara khusus untuk diakses melalui browser. Dengan kata lain, pemakai e-mail bisa mengakses e-mail tanpa perlu menggunakan program-program e-mail client. Layanan seperti ini dipelopori oleh Hotmail. Saat ini selain Hotmail, terdapat banyak penyedia layanan Webmail. Contohnya antara lain adalah Yahoo! Mail (mail.yahoo.com), Gmail (gmail.google.com), Lycos Mail (,ail.lycos.com) dan web mail Plasa.com (login.plasa.com). Keuntungan Webmail adalah pemakai dapat mengirim dan menerima e-mail dari mana saja dengan cukup menggunakan browser.

·         Email forwarding adalah fasilitas yang memungkinkan pengalihan suatu e-mail ke alamat e-mail lainnya. Dengan kata lain, mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak sebagai perantara. Cara seperti ini memberikan keuntungan bagi pemakai bahwa alamat e-mail yang sebenarnya tidak terlihat oleh orang lain. Namun, kelemahan e-mail ini adalah akan diterima sedikit lama karena melewati tahapan pengalihan e-mail. Perusahaan web host sering menggunakan pendekatan seperti ini terhadap kliennya.

Menurut segi format isi email dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu plain text dan HTML
·         Plain Text
Dengan plain text, dimaksudkan bahwa tulisan yang kita ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Tulisan yang disajikan dalam format plain text sama sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada tampilan visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks, mengganti warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.

·         HTML
HTML singkatan dari HyperText Mark-up Language, yaitu sebuah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan / mengatur penampilan materi-materi informasi di internet. Email yang ditulis dengan menggunakan format HTML akan memungkinkan isinya disusun secara variatif, mulai dari pengaturan huruf, warna, lay out, sampai peletakan gambar.
Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja. Hal ini disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML.

Beberapa istilah yang perlu diketahui dalam email:
• New Mail untuk menulis pesan baru yang akan dikirim ke e-mail orang lain.
• Reply untuk mengirim email balasan ke alamat email yang masuk.
• Forward untuk meneruskan pesan email yang kita terima (dari pihak kedua) ke alamat email orang lain (pihak ketiga).
• Send/Receive untuk mengecek email yang masuk atau mengirim email yang belum terkirim.
• Inbox yaitu folder tempat menampung email-email yang masuk.
• Outbox yaitu folder tempat menampung email yang hendak dikirim (sementara dalam proses pengiriman).
• Send yaitu tombol untuk memulai pengiriman email baru yang sudah ditulis.
• Attach yaitu tombol untuk melampirkan file yang hendak kita kirim bersama
• Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
• Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).

Keunggulan dan kelemahan email

1.      Dilihat dari segi tampilan
Kelebihan dan kekurangan email yahoo dan google ini memang bisa dilihat dari tampilannya. Kalau Yahoo memiliki tampilan yang setiap tahunnya sama saja. Didepannya terlihat tampilan yang langsung seperti informasi seputar berita yang sedang ramai dibicarakan, foto atau gambar, dan lainnya. Google terlihat lebih simple, praktis dan mudah untuk digunakan sebagai sumber setiap informasi yang dibutuhkan.
Hal lainnya terlihat dari proses membukanya situs. Kalau Yahoo cenderung sedikit lama, karena memang memiliki banyak informasi tertera di tampilan depannya. Sedangkan untuk google pengguna akan dengan cepat membukanya. Karena, google memang memiliki tampilan yang lebih simple dan tidak memiliki banyak fitur tambahan.
2.      Dilihat dari segi bisnis.
Kelebihan dan kekurangan email yahoo dan google ini memiliki saingan bisnis yang cukup ketat. Yahoo diketahui memiliki banyak melakukan kemitraan atau kerjasama untuk lebih mengembangkan berbagai macam layanan di Yahoo sendiri. Sedangkan untuk Google, hanya terfokus kepada beberapa pengembangan yang bersifat lebih mandiri. Aplikasi ini misalnya Google Buzz, Google+, Google Maps, dan Android.
3.   Dari segi situs

Kelebihan dan kekurangan email yahoo dan google ini bisa dilihat dari trafik pembukaan situsnya. Ternyata diketahui Google lebih unggul dibandingkan dengan Yahoo. Google Indonesia saja menempati urutan kedua situs paling banyak dikunjungi, kemudian disusul Google.com sebagai situs global Google dan kemudian di urutan keempat ada produk blog dari Google yaitu Blogspot. Nah, di urutan kelima baru situs Yahoo. Apalagi kalau dunia ya?

4.      Dari segi layanan Email

Kelebihan dan kekurangan email yahoo dan google ini bisa dilihat dari segi layanan pengiriman emailnya. Saat ini Yahoo sudah memiliki desain tampilan baru untuk Yahoomail dan dari segi kapasitas attachment juga sekarang bisa mengirim file maksimum 25 mb untuk sekali kirim.

Pendukung Perkembangan Email

Seperti telah disebutkan di atas bahwa webmail akan memberikan kontribusi terbesar dalam lalu lintas email per hari untuk masa depan, tentunya ini didukung karena internet akan terus booming, khususnya dengan tersedianya Top Level Domain (TLD) yang baru seperti .info, .biz, dan .pro.
Pendukung kedua adalah di sisi teknologi yang berfungsi sebagai email viewer, dan perusahaan teknologi industri telah mempersiapkan peralatan-peralatan yang berfungsi sebagai pembaca dan pengirim email bergerak seperti PDA, WinCe, Palm, Psion membuat perangkat pembaca e-mail bergerak seperti palmtop, nokia communicator, handycam dan bahkan alat berupa pager email yang adalah suatu perangkat baru nirkabel yang dirancang dan dikembangkan oleh Danger Research yang bernama Hiptop yang sanggup menerima dan mengirim e-maildengan tombol seperti layaknya sebuah pager e-mail. Dan perangkat ini akan diluncurkan ke pasar retail kira-kira USD 200. Selain dapat mengirim dan menerima e-mail Hiptop dirancang untuk dapat menjelajah situs web, instant messaging, panggilan telepon suara dan juga berfungsi seperti digital kamera kecil. Perangkat jenis ini diharapkan diluncurkan ke pasar pada akhir musim gugur thn 2001 dan sudah beredar di pasar pada kuartal kedua tahun 2002. Perusahaan lain seperti Motorola juga telah mengembangkan pager e-mail dalam perangkat barunya yang bernama Talkabout T900, yang dijual hanya USD 99. AOL Time Warner juga memiliki produk sejenis yang dijual ke pasar dengan harga USD99.

Mengingat dukungan teknologi ini, maka email akan menjadi sarana komunikasi secara umum maupun di bidang pemasaran dan bisnis seraya menjangkau kastemer maupun mempertahankan hubungan komunikasi yang efisien dan hemat dengan para mitra bisnis untuk menunjang sarana dan prasarana komunikasi sekarang ini seperti telepon, faks, telex, pager, dan telepon seluler dan sejenisnya


Daftar Pustaka:

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA BLOGKU INI!!!
"Change the world with your life"
(me--Sifra Cindy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar