EMAIL
Salah satu alat komunikasi saat ini
untuk surat menyurat adalah Email. Dengan layanan email ini, urusan surat
menyurat menjadi sangat mudah dan pengirimannya juga hitungan detik sampai ke
alamat email yang dikirim.
Definisi Email
Email atau disebut elektronik mail,
atau surat elektronis adalah surat dengan format digital (ditulis dengan
menggunakan komputer) dan dikirimkan melalui jaringan komputer. Internet
sebagai jaringan yang menghubungkan berbagai jarngan komputer di dunia
memungkinkan penyampaian surat elektrinis dengan cepat, Surat elektrinis ini
bisa sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detik, meskipun jarak antara
pengirim dan penerima berjauhan; terpisah beribu-ribu kilometer.
Pengiriman e-mail biasa dilakukan
dengan menggunakan protokol SMTP yang kepanjangan dari Simple Mail Transfer
Protocol. Dalam hal ini, mail server atau server yang menangani email segera
menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat.
Setiap pengirim atau penerima e-mail
memiliki alamat email. Contoh alamat email adalah namamu@gmail.com. Untuk kata
namamu itu unik alias tidak ada yang menyamakannya dengan pemakai lainnya asal
dalam domain (gmail) yang sama.
Jenis-jenis Email
Menurut layanan / mekanisme yang
diberikan email dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu POP mail, email
berbasis web (webmail atau web based e-mail), dan email forwarding.
·
POP mail (Post Office Protocol) adalah
e-mail yang diambil dari penyedia internet (ISP_. Em-mail ini dapat diambil
dari ISP dan kemudian ditempatkan pada komputer klien. Dengan demikian, e-mail
dapat dibaca tanpa harus terhubung ke internet. Namun, hal ini juga sekaligus
menjadikan kelemahan jenis e-mail ini karena e-mail yang sudah diambil tidak
bisa dibaca dari tempat lain. Untuk mengambil e-mail diperlukan program e-mail
client, sepeti microshoft Outlook atau mozilla thunderbird.
·
Webmail adalah layanan e-mail yang
ditujukan secara khusus untuk diakses melalui browser. Dengan kata lain, pemakai
e-mail bisa mengakses e-mail tanpa perlu menggunakan program-program e-mail
client. Layanan seperti ini dipelopori oleh Hotmail. Saat ini selain Hotmail,
terdapat banyak penyedia layanan Webmail. Contohnya antara lain adalah Yahoo!
Mail (mail.yahoo.com), Gmail (gmail.google.com), Lycos Mail (,ail.lycos.com)
dan web mail Plasa.com (login.plasa.com). Keuntungan Webmail adalah pemakai
dapat mengirim dan menerima e-mail dari mana saja dengan cukup menggunakan
browser.
·
Email forwarding adalah fasilitas yang
memungkinkan pengalihan suatu e-mail ke alamat e-mail lainnya. Dengan kata lain,
mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak sebagai perantara.
Cara seperti ini memberikan keuntungan bagi pemakai bahwa alamat e-mail yang
sebenarnya tidak terlihat oleh orang lain. Namun, kelemahan e-mail ini adalah
akan diterima sedikit lama karena melewati tahapan pengalihan e-mail.
Perusahaan web host sering menggunakan pendekatan seperti ini terhadap
kliennya.
Menurut segi format isi email dapat dikelompokkan menjadi dua
kategori yaitu plain text dan HTML
·
Plain Text
Dengan plain text, dimaksudkan
bahwa tulisan yang kita ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American
Standard Code for Information Interchange). Tulisan yang disajikan dalam format
plain text sama sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada
tampilan visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks,
mengganti warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan
tertentu.
·
HTML
HTML singkatan dari HyperText
Mark-up Language, yaitu sebuah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan
/ mengatur penampilan materi-materi informasi di internet. Email yang ditulis
dengan menggunakan format HTML akan memungkinkan isinya disusun secara
variatif, mulai dari pengaturan huruf, warna, lay out, sampai peletakan gambar.
Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja. Hal ini disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML.
Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja. Hal ini disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML.
Beberapa istilah yang perlu diketahui dalam email:
• New Mail untuk menulis pesan baru yang akan dikirim ke e-mail orang lain.
• Reply untuk mengirim email balasan ke alamat email yang masuk.
• Forward untuk meneruskan pesan email yang kita terima (dari pihak kedua) ke alamat email orang lain (pihak ketiga).
• Send/Receive untuk mengecek email yang masuk atau mengirim email yang belum terkirim.
• Inbox yaitu folder tempat menampung email-email yang masuk.
• Outbox yaitu folder tempat menampung email yang hendak dikirim (sementara dalam proses pengiriman).
• Send yaitu tombol untuk memulai pengiriman email baru yang sudah ditulis.
• Attach yaitu tombol untuk melampirkan file yang hendak kita kirim bersama
• Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
• Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
• New Mail untuk menulis pesan baru yang akan dikirim ke e-mail orang lain.
• Reply untuk mengirim email balasan ke alamat email yang masuk.
• Forward untuk meneruskan pesan email yang kita terima (dari pihak kedua) ke alamat email orang lain (pihak ketiga).
• Send/Receive untuk mengecek email yang masuk atau mengirim email yang belum terkirim.
• Inbox yaitu folder tempat menampung email-email yang masuk.
• Outbox yaitu folder tempat menampung email yang hendak dikirim (sementara dalam proses pengiriman).
• Send yaitu tombol untuk memulai pengiriman email baru yang sudah ditulis.
• Attach yaitu tombol untuk melampirkan file yang hendak kita kirim bersama
• Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
• Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
Keunggulan dan kelemahan email
1.
Dilihat dari segi tampilan
Kelebihan dan kekurangan email yahoo dan google ini memang bisa
dilihat dari tampilannya. Kalau Yahoo memiliki tampilan yang setiap tahunnya
sama saja. Didepannya terlihat tampilan yang langsung seperti informasi seputar
berita yang sedang ramai dibicarakan, foto atau gambar, dan lainnya. Google
terlihat lebih simple, praktis dan mudah untuk digunakan sebagai sumber setiap
informasi yang dibutuhkan.
Hal lainnya terlihat dari proses membukanya situs. Kalau Yahoo
cenderung sedikit lama, karena memang memiliki banyak informasi tertera di
tampilan depannya. Sedangkan untuk google pengguna akan dengan cepat
membukanya. Karena, google memang memiliki tampilan yang lebih simple dan tidak
memiliki banyak fitur tambahan.
2.
Dilihat dari segi bisnis.
Kelebihan dan kekurangan email yahoo dan google ini memiliki saingan bisnis yang cukup ketat. Yahoo diketahui
memiliki banyak melakukan kemitraan atau kerjasama untuk lebih mengembangkan
berbagai macam layanan di Yahoo sendiri. Sedangkan untuk Google, hanya terfokus
kepada beberapa pengembangan yang bersifat lebih mandiri. Aplikasi ini misalnya
Google Buzz, Google+, Google Maps, dan Android.
3.
Dari segi situs
Kelebihan dan kekurangan email yahoo dan google ini bisa dilihat dari trafik
pembukaan situsnya. Ternyata diketahui Google lebih unggul dibandingkan dengan
Yahoo. Google Indonesia saja menempati urutan kedua situs paling banyak
dikunjungi, kemudian disusul Google.com sebagai situs global Google dan
kemudian di urutan keempat ada produk blog dari Google yaitu Blogspot. Nah, di
urutan kelima baru situs Yahoo. Apalagi kalau dunia ya?
4. Dari segi layanan
Email
Kelebihan dan kekurangan email
yahoo dan google ini bisa dilihat dari segi layanan
pengiriman emailnya. Saat ini Yahoo sudah memiliki desain tampilan baru untuk
Yahoomail dan dari segi kapasitas attachment juga sekarang bisa mengirim file
maksimum 25 mb untuk sekali kirim.
Pendukung Perkembangan Email
Seperti telah disebutkan di atas bahwa webmail akan memberikan kontribusi terbesar dalam lalu lintas email per hari untuk masa depan, tentunya ini didukung karena internet akan terus booming, khususnya dengan tersedianya Top Level Domain (TLD) yang baru seperti .info, .biz, dan .pro.
Pendukung kedua adalah di sisi teknologi yang
berfungsi sebagai email viewer, dan perusahaan teknologi industri telah mempersiapkan
peralatan-peralatan yang berfungsi sebagai pembaca dan pengirim email bergerak
seperti PDA, WinCe, Palm, Psion membuat perangkat pembaca e-mail bergerak
seperti palmtop, nokia communicator, handycam dan bahkan alat berupa pager email
yang adalah suatu perangkat baru nirkabel yang dirancang dan dikembangkan oleh
Danger Research yang bernama Hiptop yang sanggup menerima dan mengirim
e-maildengan tombol seperti layaknya sebuah pager e-mail. Dan perangkat ini
akan diluncurkan ke pasar retail kira-kira USD 200. Selain dapat mengirim dan
menerima e-mail Hiptop dirancang untuk dapat menjelajah situs web, instant
messaging, panggilan telepon suara dan juga berfungsi seperti digital kamera
kecil. Perangkat jenis ini diharapkan diluncurkan ke pasar pada akhir musim
gugur thn 2001 dan sudah beredar di pasar pada kuartal kedua tahun 2002.
Perusahaan lain seperti Motorola juga telah mengembangkan pager e-mail dalam
perangkat barunya yang bernama Talkabout T900, yang dijual hanya USD 99. AOL
Time Warner juga memiliki produk sejenis yang dijual ke pasar dengan harga
USD99.
Mengingat dukungan teknologi ini, maka email akan menjadi sarana komunikasi secara umum maupun di bidang pemasaran dan bisnis seraya menjangkau kastemer maupun mempertahankan hubungan komunikasi yang efisien dan hemat dengan para mitra bisnis untuk menunjang sarana dan prasarana komunikasi sekarang ini seperti telepon, faks, telex, pager, dan telepon seluler dan sejenisnya
Mengingat dukungan teknologi ini, maka email akan menjadi sarana komunikasi secara umum maupun di bidang pemasaran dan bisnis seraya menjangkau kastemer maupun mempertahankan hubungan komunikasi yang efisien dan hemat dengan para mitra bisnis untuk menunjang sarana dan prasarana komunikasi sekarang ini seperti telepon, faks, telex, pager, dan telepon seluler dan sejenisnya
Daftar Pustaka:
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA BLOGKU INI!!!
"Change the world with your life"
(me--Sifra Cindy)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar